Palas

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Balai Pustaka, 2005, mencantumkan: kro.nik n catatan peristiwa menurut urutan waktu kejadiannya; susunan waktu; yang berhubungan dengan waktu. Sedang Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI), Balai Pustaka, 2006, menjelaskan: kronik E cerita yang meriwayatkan suatu peristiwa tersusun menurut waktu terjadinya.

Foto-Foto: Internet

Tuesday, April 26, 2011

Babak Dua Percakapan Ijazah ‘’Instant’’: ‘’Pegel, Deh!’’

PESAN pendek dari nomor +6285399551367, yang berhenti kemarin petang (Senin, 25 April 2011) saya pikir tak akan berlanjut. Ternyata tidak demikian. Sejak tadi pagi (Selasa, 26 April 2011) pukul 07.43 WIB nomor yang sama mulai mengirimkan pesan pendek dan baru berhenti di jedah makan siang saya, pukul 12.31 WIB.

Dari pesan pendek yang saling bersahutan, saya menyimpulkan bahwa pemilik nomor tersebut mengira sayalah yang menyebarkan nama anak politikus yang diduga berijazah instant lewat facebook. Dia bahkan mengancam si oknum yang terduga itu akan melapor ke polisi dengan sangkaan pencemaran nama baik.

Pembaca, Anda bisa menikmati persahutan antara saya dan ‘’tokoh misterius’’ yang sesungguhnya sudah terduga itu, sebagaimana percakapan sebelumnya yang diunggah pula di blog ini. Selebihnya, Anda nilai sendiri.

+6285399551367:
- Ngana kerempeng dari tereng  molia org laeng pe Kemajuan dan Kelebihan di Mongondow ini, kemudian qta samua kanal krn ada berbuat utk org banyak di Mongondow, kalu Tukul org tau krn dia Pelawak Selebriti, jadi mandingan tukul ketimbang ngana cuma jalan amal yg tau, Lorong Budi dgn Lorong Mimosa Mogolaing pun nyanda tau pangana jadi jgn cuma jago batulis di Koran dari tulisan nyanda karuan binci org mobaca, seharusnya ente tau diri dan tau Malo, dega dia don kon Opoyu iko naa
Katamsi Ginano:
- He he he, lanjut lagi ini, dang?
- Kita pikir-pikir bagimana kita mo tereng, kang? Kita bukang politisi, bukang birokrat, nyanda korupsi (hadodo, ada 100 miliar BPK bilang yang nyanda beres di Bolmong. Itu baru 2008-2009 punya, blum yang laeng), kong nyanda bli ijazah, jadi di mana kang kita ba tereng akang?
- Kalu orang lorong laeng nyanda kanal, nyanda apa-apa, noh. Biar jo katu'. Deng kalu nyanda ada yang mo baca yang kita tulis, biar jo lei. Nyanda ada yang mo ba paksa.
- Nah, ta dia' ko opoyu tua, bukang kita; tapi itu gerombolan yang dorang rasa Mongondow so dorang punya; pake doi APBD deng doi rakyat lei. Itu yang dia' don ko opoyu.
- Kong kalu kita terek itu orang-orang bagitu; ada masalah apa? Boleh, toh? Undang-undang blum larang. Ha ha ha.....
+6285399551367:
- Ngana ini memang kuat batereng dgn Politisi dan Birokrat di Bolmong dan semua org di Ktg amati amati terus ngana pe kalakuang, bagimana nda batereng setiap saat batulis kong bahamtam org laeng, apa itu bukang batereng, Ngana ini mo bilang LSM bukang Organìsasi bukang mungkin Lengkebong.
Katamsi Ginano:
- Memang bukang LSM deng organisasi, ha ha ha.... Deng tabobale stau, bukang kita yanbg tereng tapi itu politisi deng birokrat yang so nyanda beres. Yang beres-beres katu' nyanda perlu tereng.
- Kiapa, ente politisi atau birokrat? Kalu kita kan cuma orang kobong, jadi boleh bicara apa saja. Nyanda lulus skolah. Kalu malintang itu mulu, memang katu' so bagitu.
- Beda deng yang mangaku so skolah, maar ternyata cuma bli depe ijazah.
+6285399551367:
- Inì depe Nama gila Urusan, ndak kerjaan
- Siapa yg beli Ijasah ???
Katamsi Ginano:
- Butul itu, maar daripada gila jabatan; sedang orang so nyanda pilih masih ba gila supaya orang mo pilih. Hi hi hi....
- Deng kalu gila urusan kan kita pe urusan sandiri. Masak cuma orang laeng yang boleh? Blum ada katu UU, Kepres, Permen, sampe SK Gubernur, Bupati deng Walikota yang larang.
- Yang bli ijazah? Yang ente cumu sala satu kalamaring, dang. Kong yang laeng banyak lei katu'. Maar biar jo katu', itu orang pe modal. Cuma itu lei stau. Kalu kita kan nyanda perlu ijazah.
- Maar jangang marah kalu itu yang jaga bli ijazah lei for kita nyanda ada depe harga. Ha ha ha....
+6285399551367:
- Sapa ngana pemaksud, kase jelas ngana pe maksud sapa, supaya bisa mempertanggung Jawabkan ini ngana pe bicara ini bos.
- Sapa itu qta ada cumu co bilang
Katamsi Ginano:
- Ah, kan ente so cumu kalamaring, itu Bayu sapa itu, dang. Kita tahu, maar masak musti bertanggungjawab pa ngana? Sapa ngana? Polisi? Kalu polisi, pi usut dang.
+6285399551367:
- Ngana mampu buktikan siapa yg beli Ijasah, ìngat omongan akan memberikan Dampak Hukum pangana pe diri, ini dibawah ke Ranah Hukum, jgn karna mulut nt yg menderita.
Katamsi Ginano:
- Kiapa kita yang musti membuktikan? Kan gampang saja, polisi usut, beres toh. Sarjana tiga taong? Dengan syarat minimal 143 SKS, darimana bisa?
- Samua orang yang pernah makang PT, biar nyanda klar, tau itu. Ya, buktikan saja kalu samua orang pe pengetahuan salah; tapi bagimana depe rumus, sebab maksimum SKS per semester 24. Kalu katu' itu universitas nyanda pake aturan Indonesia, jelaskan lei, noh. Maar depe afiliasi kamana?
- Kong universitas swasta juga ada ujian standar sandiri; jadi lebe nyanda mungkin.
- He he he, kita paham masalah akademik, toh.
+6285399551367:
- Ngana yg tulis di fb soal bayu beli Ijasah, disini secara hukum ente boleh pertanggung Jawabkan, soal tehnis menjawabnya soal Ijasah Sarjana adalah Rektor dan Dekan Dimana dia menamatkan studinya, cuma ente yg menuding Ijasah beli, apakah ente mampu pertanggung jawabkan berdasarkan Fakta Hukum atau tdk, ingat ente akan dìlapor ke Polisi soal Pencemaran nama baik ini ada Pasal bos krn sdh menyangkut Pidana.
Katamsi Ginano:
- O, pasti salah baca. Kita nyanda punya FB dan tidak main FB sama sekali. Dan tidak pernah menyebut Bayu sapa itu.
- Bagus kalu lapor polisi. Kita so lama lei nyanda pasiar ka Polres Bolmong. Supaya sekalian mo tanya apa polisi ada bekeng.
- Deng katu', supaya nyanda salah orang, cek-cek dulu. Orang laeng pasti yang ente maksud. Bukang kita. Ah, payah ente ini, salah dengar orang ba bise.
- Kita tahu Bayu sapa itu karna ente yang bilang, toh.
- Lama-lama ente so nyanda asik; orang laeng yang bekeng soal, ente bilang kita. Jang ba fitnah, ah.
+6285399551367:
- Tunggu jo ngana akan berurusan dgn Polisi, biar ngana tau inì Negara ada aturan Hukum kote tunggu jo bos.
Katamsi Ginano:
- Ha ha ha, bagimana kita musti berurusan deng polisi sementara ternyata ente salah orang. Ini urusan boleh ba bale pa ente. Ais, bagimana lei kua', so salah orang, ba ancam lei.
- Jadi tempo apa itu? Deng kapan katu' mo bekeng forum terbuka urusan ijazah instant? Biar katu' kalu fitnah, boleh mo bekeng lurus. Kalu butul, noh tinggal polisi pe tugas.
+6285399551367:
- Yg jelas ngana harus mampu buktikan soal Ijasah Instan, kalau tdk mampu buktikan nt harus siap terima akibatnya.
Katamsi Ginano:
- Ha ha ha, kalu itu gampang. Satu kan cukup. Pasti boleh kalu itu. Kapan, dang, depe pembuktian?
+6285399551367:
- Nt yg hrs siap, menunggu Panggilan Polisi
Katamsi Ginano:
- Ha ha ha.... Cari akan alasan jo for polisi. Deng kase jelas sapa yang mo ba lapor. Iyo, toh.
+6285399551367:
- Alasan Polisi motanya kan jelas, yaitu ngana tuduh Bayu Ijasah Instan, yg akan melapor jelas yg merasa Korban tuduhan dari ngana.
Katamsi Ginano:
- Ha ha ha, capat-capat kalu bagitu. Kita mo tunggu, neh. Mo lia lei Bayu yang mana itu.
+6285399551367:
- Nyanda usah ngana tanya Bayu yg mana, Bayu anak Bupati yg ngana pe Maksud na'ai don Umubol.
Katamsi Ginano:
- Masak depe ijazah instant? Kita baru tahu. Ha ha ha....
- O, Bayu itu. Ada brapa Bayu yang politikus pe anak di Mongondow yang kita tahu.
- Kalu bagitu ente salah orang. Nyanda satu kata deng satu potong huruf kita pernah tulis Bayu itu. Kita nintau kalu dia merasa itu dia. Kalu depe ijazah nyanda instant, kiapa musti kuatir? Kalu katu' memang instant, ah, so urusan polisi memang.
+6285399551367:
- Dasar ngana bukan menggunakan otak Manusia lagi, msh binatang yg lebih cerdas berfikir, dia yg tuduh sandiri skarang stel mo menghindari Pantas ngana ndak perlu di layani.
Katamsi Ginano:
- Di mana depe bukti kita bilang, tulis, atau apa? Kalu nyanda perlu dilayani, nyanda usah. Memang cuma buang waktu, toh. Kalu orang kobong rupa kita kan banyak waktu.***